Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation untuk sistem operasi Microsoft
Windows dan Mac OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer mikro hingga saat ini.
Mungkin judulnya tidak
terlalu tepat, maksudnya seperti ini : kalau anda mempunyai tabel dari suatu
daftar nilai misalnya Nilai Ujian, dan ingin mengkonversi nilai-nilai tersebut
ke bobot A, B, C, D atau E di Microsoft Exel secara otomatis tanpa kita harus
mengetikkannya secara manual satu persatu, maka yang dipakai adalah
fungsi IF.
Misal ketentuannya seperti ini
Misal ketentuannya seperti ini
Nilai
|
Dengan huruf
|
0-59
|
E
|
60-74
|
D
|
75-84
|
C
|
85-94
|
B
|
95-100
|
A
|
( pada contoh rumus, nilai ada di sel C2 (kolom C, baris ke 2),
sesuaikan dengan tabel excel anda )
=IF(C2<60,"E",IF(C2<75,"D",IF(C2<85,"C",IF(C2<95,"B",IF(C2<=100,"A","Error")))))
(untuk format yang
menggunakan separator , (koma / Englih US region format)
atau
=IF(C2<60;"E";IF(C2<75;"D";IF(C2<85;"C";IF(C2<95;"B";IF(C2<=100;"A";"Error")))))
(untuk format yang
menggunakan separator ; (titik koma /format region
Indonesia)
Cara membaca :
Jika nilai di sel C2 bernilai kurang dari 60 maka tulis E, Jika
nilai di sel C2 bernilai kurang dari 75 maka tulis D, Jika
nilai di sel C2 bernilai kurang dari 85 maka tulis C, Jika
nilai di sel C2 bernilai kurang dari 95 maka tulis B, Jika
nilai di sel C2 bernilai kurang atau sama dengan 100 maka tulis A, Jika
nilai di sel C2 selain dari nilai yang sudah disebut maka tulis Error.
Lakukan Copas (copy paste) untuk Row / baris berikutnya.
Sumber :internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar